Sabtu, 18 Desember 2010

MADU

Fakta Manfaat Madu untuk Kulit


http://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Honey_comb.jpg
KHASIAT madu memang luar biasa. Sudah berabad-abad madu telah terkenal kekasiatannya. Orang  Mesir Kuno  telah menggunakan madu untuk segala pengobatan. Ratu Cleopatra telah menggunakan untuk merawat kesehatan dan kecantikannya. Madu juga dipergunakan  untuk ramuan pembalseman (embalming ) untuk mengawetkan Mummi Raja-raja Mesir Kuno.
Madu tersusun atas beberapa senyawa gula seperti glukosa dan fruktosa serta sejumlah mineral seperti magnesium, kalium, kalsium, natrium, klor, belerang, besi, dan fosfat. Madu juga mengandung vitamin B1, B2, C, B6 dan B3 yang komposisinya berubah-ubah sesuai dengan kualitas nektar dan serbuk sari. Di samping itu, dalam madu terdapat pula sejumlah kecil tembaga, yodium, dan seng, serta beberapa jenis hormon.
Khusus untuk perawatan kulit tak ada yang meragukan kekhasiatan madu.  Janice Cox, penulis buku Natural Beauty at Home, kandungan antimicrobial dalam madu membuatnya bermanfaat dalam perawatan jerawat ringan. Berbeda dengan produk-produk perawatan jerawat lainnya, kandungan pelembab dalam madu tak membuat kulit kering.
Hasil penelitian terbaru itu juga mengembangkan proses menggunakan madu untuk menciptakan alpha hydroxy acids (AHAs). AHAs merupakan kandungan penting yang ada dalam setiap krem kulit dan pelembab karena fungsinya sebagai pengelupasan kulit.
Perawatan dengan cara pengelupasan ini berguna untuk meningkatkan perbaikan sel kulit dan meremajakan kulit. Namun, cara ini juga bisa menyebabkan kulit teriritasi, jadi dengan menambahkan pelembab alami dari madu membuat produk AHAs jadi lebih sempurna.
Para dokter Polandia pada Konferensi Apikultur Sedunia (World Apiculture Conference) yang diselenggarakan pada tanggal 20-26 September 1993 di Cina,  menyatakan  resin lebah dapat memang bisa membantu penyembuhan  masalah kulit. (*)
Sumber:  http://www.mynutrend.com/keajaibanmadu.html,  http://www.medicalera.com/index.php?option=com_myblog&show=khasiat-madu-untuk-kulit-cantik.html&Itemid=314

Tidak ada komentar:

Posting Komentar